Jenis Printer Yang sering Digunakan

Jenis Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. 

Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing printer tersebut, berikut sedikit ulasannya.
Jenis-Jenis Printer :

1.   Printer Jenis  InkJet
Printer jenis ini menggunakan tinta untuk mencetak dengan kualitas hasil cetakannya rata-rata cukup bagus tergantung merek dan tipe printer. Printer inkjet ini umumnya menggunakan tinta jenis dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan hasil cetakan warna yang sempurna tetapi cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca.

Jenis tinta lainnya adalah tinta pigmen yang mempunyai karakteristik tidak cepat luntur, tidak cepat memudar apabila terkena matahari, waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta dye namun hasil cetakan warna tidak sebagus tinta dye.

Printer InkJet

Menurut Kami, printer jenis inkjet merupakan jenis printer yang paling banyak digunakan saat ini di masyarakat. Hal ini kemungkinan besar disebabkan harga printer inkjet yang relative lebih murah.  Jenis Printer All in One dan Printer Inpus merupakan jenis printer inkjet yang lagi popular saat ini. Dengan printer All in One ini, kita bisa mendapatkan fasilitas tambahan yaitu scanner dan fotocopy selain fasilitas printer.

Sedangkan untuk printer inpus biasanya digunakan oleh warnet atau rental komputer dengan pertimbangan printer jenis ini lebih ekonomis dari segi pemakaian tintanya sehingga biaya cetak menjadi lebih murah, terlebih lagi saat ini perusaan Epson telah mengeluarkan tipe Epson L100 dan Epson L200 yang merupakan tinta inpus dengan tinta original pertama di Indonesia. Printer Jenis ini kita lebih baik melakukan Tips Merawat Printer Agar tetap Awet.

2.   Printer Jenis Laser Jet
Printer laser adalah printer dengan bahan baku tinta berupa serbuk atau toner. Cara kerjanya yang mirip dengan mesin fotokopi  sehingga menjadikan printer ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan mencetak dokumen yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis printer lainnya selain itu kualitas hasil cetakannya juga sangat bagus dan tinta lebih cepat kering bila dibandingkan dengan printer inkjet.

Printer Laser Jet

Satu kekurangan Printer Laser adalah harganya yang relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan printer inkjet sehingga Printer Laser umumnya hanya dipakai oleh instansi atau perkantoran saja.

3.   Printer Jenis Dot Matrix
Printer Dot Matrix adalah jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah, hal ini disebabkan karena print head printer jenis ini terdiri dari jarum-jarum yang tersusun (sekitar 9-24 pin), nantinya jarum-jarum ini akan “memukul” pita (printer ribbon) sehingga membentuk sebuah karakter pada kertas. Printer jenis dot matrix memiliki kelebihan dari segi harga pita printer yang murah, awet digunakan dan printer jenis ini bisa digunakan untuk mencetak kertas rangkap atau continuous form.

Printer Dot Matrix

Disamping kelebihan diatas, Printer jenis dot matrix mempunyai kekurangan dalam hal kualitas cetakan yang tidak sebagus printer inkjet dan laserjet, printer jenis ini hanya cocok untuk mencetak dokumen berupa tulisan saja dan umumnya printer dot matrix hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam.

Ketika sedang mencetak, printer jenis ini mengeluarkan suara yang cukup keras yang ditimbulkan dari pergerakkan mekanik dan head printernya. Selain itu meskipun harga pita printernya cukup murah, harga printernya sendiri relatif mahal bila dibandingkan  dengan printer jenis inkjet.

Demikianlah sedikit ulasan tentang jenis printer yang ada dipasaran, pastinya dalam memilih printer adalah berdasarkan kebutuhan bukan hanya kualitas cetakan dan harga semata.

Semoga Manfaat.

Related Posts