Pengenalan Teknologi pada DDR3

Teknologi pada DDR3
Ini adalah postingan pertama dari Tiara-PC. yaitu Pengenalan Teknologi pada DDR3, Tiara-PC mengulas sedikit Teknologi apa saja yang diterapkan pada DDR3 perkembangan lanjutan dari system memory yang sebelumnya.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa kemajuan teknologi di bidang komputerisasi terus berkembang sangat cepat. Sekarang ini rata2 Motherboard keluaran terbaru sudah mengusung Teknologi DDR3, sepertinya penggunaan DDR2 sudah mulai di tinggalkan.

DDR (Double Data Rate) sebenarnya adalah nama untuk sebuah tipe yang menggunakan teknologi double clock cycle. Di dalam clock cycle juga terdapat apa yang disebut dengan yang namanya trigger. Trigger di sini seperti kata aslinya, yaitu ketika teraktivasi, data dari RAM ataupun VGA akan ditransfer ke processor untuk diproses lebih lanjut.

Pada Teknologi DDR3 ini sedikit berbeda. Teknologi DDR3 tidak lagi fokus pada clock cycle dan trigger, tetapi pada efisiensi. DDR3 mengkonsumsi listrik yang lebih sedikit dibandingkan dengan DDR2, yaitu 1.5V.

Teknologi DDR3 mendukung "High Precision Calibration Resistors" dan "Fly-by Command Address Control Bus With On-DIMM Termination", sehingga memiliki fitur Read-Write Calibration. Memang frekuensi DDR3 bertambah sampai 800 Hz - 1600 Hz. Tapi dilihat dari tambahan² fitur yang ada, DDR3 lebih memilih mengefisienkan pemakaian

DDR3 SDRAM atau double-data-rate 3 sinkron Dynamic Random Access Memory adalah memori akses acak antarmuka teknologi yang digunakan untuk bandwidth yang tinggi penyimpanan data kerja komputer atau perangkat elektronik digital lainnya. DDR3 adalah bagian dari keluarga SDRAM teknologi dan merupakan salah satu dari banyak DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DDR3 adalah perubahan dari DDR2 dengan berbagai teknologi yang telah di-upgrade, namun kedua jenis SDRAM ini saling tidak kompetibel. Kelebihan utama dari DDR3 adalah pada kemampuannya untuk mentransfer data dua kali lipat dari DDR2 (I / O pada 8 × data tingkat sel memori yang dikandungnya), sehingga memungkinkan bus tingkat yang lebih tinggi dan tingkat puncak yang lebih tinggi daripada teknologi memori sebelumnya.

Selain itu, standar DDR3 memungkinkan untuk kapasitas chip 512 megabit hingga 8 gigabit, secara efektif memungkinkan modul memori maksimum ukuran dari 16 gigabyte.

Dengan data yang ditransfer 64-bit pada satu clock per-modul memori, DDR3 SDRAM mampu memberikan transfer rate (memori clock rate) × 4 (bus clock multiplier) × 2 (untuk data rate) × 64 (jumlah bit yang ditransfer) / 8 (jumlah bit / byte). Jadi memory clock dengan frekuensi 100 MHz, DDR3 SDRAM memberikan maksimum transfer rate 6.400 MB/s. Hmm.. mantap..

Konsumsi energi DDR3 SDRAM
Konsumsi energi DDR3 SDRAM lebih rendah dibandingkan pendahulunya, DDR SDRAM maupun DDR2 SDRAM. Bahkan dilaporkan bahwa pengurangan atau penurunan konsumsi energi untuk DDR3 SDRAM ini mencapai hingga rata 17 % dibandingkan DDR2 SDRAM.

DDR SDRAM memerlukan tegangan 2,5 Volt, DDR2 SDRAM memerlukan 1,8 Volt, sedangkan DDR3 SDRAM hanya memerlukan tegangan 1,5 Volt. Suplai pada tegangan 1,5 Volt ini cukup ideal untuk chip-chip memori yang diproduksi menggunakan teknologi manufaktur 90 nm. Chip-chip memori DDR3 SDRAM banyak yang diproduksi menggunakan teknologi manufaktur 90 nm. Beberapa perusahaan pembuat chip berencana menggunakan transistor ‘dual gate’ untuk mengurangi kebocoran arus yang mungkin terjadi.

JEDEC (organisasi untuk urusan pengembangan standar semikonduktor) merekomendasikan penggunaan voltase maksimum untuk DDR3 SDRAM sebesar 1,575 Volt.

Spesifikasi chip/modul DDR3 SDRAM
Modul memori DDR3 SDRAM yang beredar di pasaran umumnya berkecepatan efektif 800 MHz hingga 1866 MHz (frekuensi bus sesungguhnya adalah 100 MHz hingga 233 MHz), yang biasanya dituliskan dengan notasi DDR2-800 hingga DDR2-1866 atau PC2-6400 hingga PC2-14900

Kelebihan RAM DDR3
  1. Bandwidth lebih tinggi (mencapai 1600 MHz)  mampu mentransfer data dengan clock efektif 800-1600 MHz.
  2. Peningkatan performa pada daya yang lebih kecil. 
  3. Pada laptop, baterai akan lebih tahan lama. (DDR2 1.8v & DDR3 1.5v) 
  4. Memungkinkan bekerja pada kecepatan tinggi, bekerja pada tegangan yang kecil. Suatu modul pilihan terbaik untuk server, desktop, notebook dan aplikasi yang lainnya.
Kekurangan RAM DDR3
  1. Modul memori DDR3 tidak kompatibel ke belakang untuk motherboard berbasis DDR2  meskipun memiliki jumlah pin yang sama, panjang yang sama namun notch antara kedua RAM tersebut berbeda.
  2. Harga yang untuk sekarang ini tergolong mahal dibandingkan RAM DDR2
Semoga Manfaat.

Related Posts