Jenis Sound Card atau kartu Suara

Jenis Sound Card
Jenis Sound Card atau kartu Suara. Sambil mengetik atau sedang berselancar di dunia maya nyaman rasanya apabila di iringi lagu-lagu yang slow-rock. Alunan musik berirama slow dapat menenangkan hati. Suara merdu itu keluar melalui sepasang speaker yang diolah sebuah perengkat keras yang bernama Sound Card atau kartu Suara.

Yah benar Sound Card adalah sebuah perangkat keras komputer digunakan untuk mengeluarkan suara dan juga bisa merekam suara. Pada awalnya komputer, Sound Card hanyalah sebagai alat pelengkap tambahan dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib ada di setiap komputer.

Cara Kerja Sound Card
  1. Ketika Kita mendengarkan suara dari sound card, data digital yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter: Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
  2. Ketika Kita merekam suara lewat microphone. suara Kita yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3
Sound firewire


Berdasarkan kategori pemasangannya cara Sound card di kelompokkan menjadi 3 jenis.

Jenis Sound Card :
  1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  2. Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI, slot Isa sudah tidak digunakan lagi di Motherboard jaman sekarang.
  3. Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
Bagaimana teman-teman semua penuturan tentang Jenis Sound Card atau kartu Suara, sepertinya kita para pengguna sering mengabaikan perangkat keras yang satu ini, tapi kalau dia bermasalah... hmmm.. baru deh kerasa kekurangan.

Udah dulu ya lain kali dilanjut lagi.

Related Posts

2 comments

Terima kasih postingnya, saya masih awam dengan sound card ini.

@Karay
Ihhhh Mas Karay bisa aja.