Pemahaman Dasar BUG Pada System Komputer

Pemahaman BUG Komputer
Tiara-PC mencoba mengupas beberapa istilah pada komputer, banyak istilah pada komputer antaralain Hang, Corrup, dan lain sebagainya. Untuk postingan kali ini kami coba mengangkat  Pemahaman Dasar BUG Pada System Komputer.

Sebuah kata yang sering diucapkan para pengguna komputer yang program atau aplikasinya mengalami masalah atau trouble shoting. Sebenarnya apa sih pengertian Bug itu ?

Pengertian Dasar bug adalah kesalahan pada komputer baik disebabkan oleh perangkat lunak ataupun perangkat keras sehingga komputer tidak bekerja dengan semestinya. Sebenarnya istilah “Bug” (dibaca bag) telah digunakan oleh para insinyur dan para tukang servis atau repairmen sebelum era komputer. 

Insinyur Amerika telah menyebutkan Bug sebagai kekurangan kecil dalam mesin selama lebih dari satu abad. sementara itu sang legendaris Thomas Edison berbicara mengenai bug dalam sirkuit listrik pada tahun 1870 an.

Kemudian istilah bug muncul dalam dunia komputer ketika komputer pertama di bangun pada awal 1940an, ketika itu ada seorang pekerja yang menemukan bug baik di perangkat keras dan program yang sedang berjalan. 

Sebenarnya istilah bug pada komputer diawali dengan kisahyang cukup unik, Pada tanggal 9 September 1945, salah seorang tim dari Universitas Hardvard memandang pada Panel F dan menemukan sesuatu yang tidak biasa antara titik di relay 70. Ternyata itu adalah ngengat (bug ; binatang kecil; serangga), kemudian mereka segera mengambilnya dan menyimpan dalam buku catatan (log book). Makanya Tiara kasih gambar serangga tuh didepan.

Grace Hopper memberikan catatan pada buku itu denan judul “First actual case of bug being found,” dan itulah pertama kalinya istilah Bug digunaan untuk menggambarkan kesalahan komputer.

Related Posts

6 comments

waaaah ilmu bermanfaat lagi nih ilmu sobat,,,,,,,,,,,

makasih mba tiara udah berbagi,,,,,,,,,

baru tahu di sini..ternyata asal mula kata BUG dipakai begitu ya sejarahnya :-)

@Falah Mulyana
Sama-sama Kakak


@BlogS of Hariyanto
Begitu Katanya Kakak. Salam

sist bilang bug itu "kesalahan pada komputer baik disebabkan oleh perangkat lunak ataupun perangkat keras sehingga komputer tidak bekerja dengan semestinya." oooou. lalu apa bedanya dengan hang? bukanya itu adalah hang?

ilmu tentang komputer
buat aku ingin mengejar pinter

sip :)

@Drieant
Bug: kesalahan pada system komputer disebabkan oleh perangkat keras ataupun perangkat lunak.
Kalau Hang adalah salah satu efek dari terjadinya Bug, adalagi dengan yang dinamakan Crash, bluescreen, dll
Efek dari Bug itu sendiri banyak Kakak. Mudah-mudahan Tiara sempat mengupasnya satu persatu ya.
Mudah-mudahan bisa membantu Kakak. Makasih atas interaktifnya.



@anisayu
Makasih Kakak kunjungannya. Salam