Pemahaman Mouse dan Beberapa Jenisnya

Jenis Mouse
Mouse, namanya lucu tapi fungsinya besar, perangkat yang satu ini selalu berdampingan dengan saudaranya Keyboard. Koq bisa bersaudara ya? Itu cuma istilah nya Tiara karena perangkat ini selalu berdampingan dengan Keyboard.

Pemahaman Mouse dan Beberapa Jenisnya. Ada beberapa type mouse yang beredar di pasaran dan harga nya juga berfariatif, mulai dari Harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Mouse mempunyai sebuah fungsi utama yaitu menggerakkan kursor. Nah biasanya kursor ini ber gambar sebuah anak panah. Seperti yang kita lihat di depan monitor komputer. Mouse dapat berubah-rubah jika melewati form tertentu, contohnya menjadi garis hitam vertikal ketika mengetik di MS word atau nulis posting di blog. Selain itu juga memiliki fungsi lain yaitu memberi perintah yaitu klik kanan dan klik kiri.

Itu adalah pengertian fungsi secara kasat mata, nah dari pengertian mouse dari wikipedia adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus. Tapi yang wireless ga pake buntut ya? koq namanya mouse juga.. Heee...hheee.

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse komputer yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Jenis-jenis Unit masukan Sekelas Mouse:
1. Mouse
Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.

Mouse Wireless
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.

Contoh gambar yang diatas adalah mouse yan menggunakan koneksi dengan wireless, ada banyak koneksi dari mouse antaralain dengan USB, Infrared , PS2 dan yang lama dengan menggunakan Port serial

Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

2. Touchpad.
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

Mouse touchpad


3. Light Pen.
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Jenis Light Pen


Gimana Teman-teman? Hmm... Tiara jadi suka belajar semua tentang hardware komputer ya.

Related Posts

8 comments

Nice inpo sob... :)
izin nyimak
Absen pagi

@Black Angel Syndicate
Makasih kaka kunjungannya.

Wah ilmu yang bermanfaat lagi nih mba cantik,,,,

makasih telah berbagi,,,,,,,

Nice share and happy blogging,,,,

Sukses selalu buat blog Tiara PC

Karena terbiasa menggunakan mouse jadi pakai keypad gak lancar. Tapi untuk pengguna pc tablet mungkin akan merindukan mouse suatu saat. Makasih buat ilmunya.

@Falah Mulyana
Ihhhh si kaka bisa aja.
Maacih kaka.

@Karay
Makasih kunjungannya ya Mas.
sering-sering mampir lho
hiiii... hiiii....

Pernah pakai mouse yang wireless bener juga bisa lebih dari jarak 5 meter dipetunjuknya bisa sampai 100 meter, tapi sayang boros di baterainya. Makasih ya. Kalau mau tahu tentang komputer, insya Allah kesini... awam juga sih tentang hardware.

@Ummiega
Terimakasih atas kunjungannya Kaka.
Salam