Pengenalan Scanner dan Jenisnya

Jenis Scanner
Beberapa perangkat komputer (Hardware) yang kami posting terdahulu seperti Pengenalan Tentang USB (Universal Serial Bus), Pengenalan Processor dan Pengertian dan jenis dari Power Supplay, kali ini Tiara-PC akan posting Artikel tentang Pengenalan Scanner dan Jenisnya.

Scanner ini merupakan sebuah perangkat masukkan (input device) komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen digital komputer atau file komputer. Manfaat umum dari scanner ini adalah untuk membuat arsip dari sebuah dokumen surat dan photo.

Berdasarkan cara penggunaannya, secara garis besar scanner terbagi atas 2 (dua) jenis, yaitu :

1. Hand-held Scanner(Barcode)
Hand-held Scanner(Barcode) termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. 

Hand-held Scanner
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

2. Plat Bed Scanner.
Plat Bed Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk .

Plat Bed Scanner
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional.

Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

Bagaimana Teman-teman tentang Pengenalan Scanner dan Jenisnya yang Tiara Posting? Mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan ya termasuk buat Tiara Sendiri.

Related Posts

9 comments

ilmu bermanfaat lagi nih mba,,,,,, terima kasih mba telah berbagi,,,,,

wuiiiiihhh makin unyu" aja nih mba template blog nya,,,,,,, hehehhehe

alexa nya cepet langsing ya mba,,,,,,, aaaminnnn

berkunjung ke blog sobat sembari membaca artikel Pengenalan Scanner dan Jenisnya ane jadi tambah mengenal lebih dalam ...
maksih y

jangan lupa berkunjung ke blog ane sobat

nice share...

@Falah Mulyana.
Bisa aja Kang Mas Mulyana. hhmmm

@Ardiansyah Guna
Makasih Mas.

Weee.. :D Bagus :) Semakin Banyak ilmu neh :) Makasi yah :p


Salam dari : TiTi-SHARE *dot* blogspot *dot* com

@TITI-SHARE
Makasih kaka.

Anonymous delete 10:54 PM

terimakasih atas penjelasanya, sangat bermanfaat dan menambah ilmu buat saya..

Anonymous delete 10:55 PM

terimakasih atas penjelasanya, sangat bermanfaat dan menambah ilmu buat saya..

Sama-sama Mas