Home › Pengenalan Tekhnologi High Definition Multimedia Interface (HDMI)

Pengenalan Tekhnologi High Definition Multimedia Interface (HDMI)

Tekhnologi HDMI
Port yang satu ini hampir mirip dengan tampilan port USB tapi sedikit lebih lebar dan memiliki interkoneksi sebanyak 19 pin, sedangkan interkoneksi pada USB hanya 4 pin.

Pengamatan Tiara-PC Motherboard sekarang ini sudah banyak melengkapi tampilannya dengan interface HDMI disamping port untuk DVI dan VGA yang ada tentunya.

Apakah yang dimaksud dengan Teknologi HDMI? HDMI adalah singkatan dari kata High Definition Multimedia Interface yaitu sebuah antarmuka yang mentransmisikan audio yang terkompresi kompak dan data video.

Teknologi ini baru-baru ini menjadi favorit banyak orang karena menyediakan kualitas yang lebih baik gambar dan suara. HDMI juga menunjukkan hasil yang lebih baik di video game interaktif seperti penggunaan pada Play Station 3.

Decimator HDMI

Saat ini fitur HDMI port disediakan oleh hampir kebanyakan produk elektronik di dunia sebagai alternatif fungsi digital mengganti fungsi analog standar, seperti coaxial cable, composite video, S-video, componet video, VGA, dan sebagainya.

Apa sih kegunaan HDMI sendiri untuk kepentingan pengguna termasuk anda. Port HDMI bisa digunakan untuk mengkoneksikan seluruh sumber audio/video berbentuk digital seperti Blu-ray Disc Player, PC, Video game Console, monitor computer, dan telivisi digital.

Connector HDMI

HDMI mendukung berbagai macam video format pada PC ataupun TV termasuk format standard dan high-definition video. HDMI juga mendukung sampai 8 channel digital audio, dan koneksi Consummer Electronics Controls (CEC). Uniknya, semua itu bisa anda dapatkan dengan hanya dengan 1 kabel saja.

Bandingkan jika dengan menggunakan analog, akan ada banyak kabel yang berbeda yang harus digunakan. CEC sendiri di sini digunakan supaya HDMI device mampu mengontrol satu sama lain jika diperlukan, sehingga jika pengguna ingin mengoperasikan beberapa device yang berbeda, cukup gunakan fasilitas yang ada pada remote control saja.

Kelebihan dari HDMI, karena ia memiliki arus listrik dan signal yang sama seperti yang digunakan oleh port DVI (Digital Visual Ainterface), maka jika menggunakan adapter converter dari DVI ke HDMI tidak diperlukan konversi signal dan yang paling penting tidak ada penurunan kualitas video dan suara.

Segitu dulu ya Teman-teman tapi dibaca ya...
Share this article :

9 comments

wahh info bagus tiara.....dah follow tuh tiara #7..jangan lupa follow back yah...

@Metal-xp
Sama-sama, Makasih Kaka.

nice post & happy Blogging.., kunjungan perdana.., langsung sy pasang link kamu di Beranda sy... :D

@Lentera Langit
Sama-sama Kakak, makasih

berkunjung lagi ke blog mba
wah ada ini lmu yg sangat berman faat nih mba
patut untuk di pelajari dan di amalkan
makasih udah berbagi ilmu mba...


nice share n happy blogging mba

@Ardiansyah Guna
Sama-sama Kaka. Makasih

Anonymous delete 2:02 PM

mangstaabb infona

Tepat nih infonya. Terima ksih ya.

Oh, ya, mau tanya. Sarannya beli kabel HDMI yang harga 50rb-an atau 100rb keatas ? Apa benar kualitasnya berbeda ? Kualitas gambar 3Dnya dan text nya apa ada perbedaan ?
Mau beli kabel HDMI buat laptop ke TV

Terima kasih

Kalau masalah Harga memang benar identik dengan Kualitas.

Kalau masalah kualitas Kabel biasanya ga jauh beda teman, hanya saja dari kualitas dan bahan konektornya aja perbedaannya. Semakin bagus semakin mahal.