Tips Jitu Membeli Harddisk External - New

Harddisk External
Tips Jitu Membeli Harddisk External. Tiara-PC akan memberikan beberapa tips dalam memilih Harddisk external yang baik supaya kita tidak kecewa setelah membeli nya.

Kita pasti pernah mengalami hal seperti ini. Merasakan kapasitas simpan pada harddisk yang dipasang di dalam komputer menciut dengan cepat. Atinya dengan cepat Kita kekurangan kapasitas simpan.

Ini sebenarnya tidak mengherankan, mengingat besarnya file, koleksi foto hasil jepretan kamera digital kian tinggi resolusinya, plus aplikasi menarik Kita unduh, sunting, dan pakai, terus saja bertambah, sementara kapasitas harddisk tidak Kita tambah.

Kalau sudah begini, solusi paling praktis adalah dengan menambahkan sebuah harddisk portabel, alias eksternal. Mengapa kami sebut praktis? Sebab tidak perlu repot-repot buka casing dan menghubungkan kabel harddisk ke Motherboard.
  • Praktis, Ringkas, Dan Mudah Digunakan
Tinggal koneksikan saja harddisk portabel ke port USB atau FireWire komputer via kabel yang disediakan, dan Kita sudah mendapat tambahan kapasitas, yang mungkin saja lebih besar dibandingkan harddisk yang bercokol dalam komputer Kita. Juga tidak perlu pasang power supply tambahan. Mudah dan cepat bukan?

Harddisk portabel, sesuai namanya, tentu mudah dibawa-bawa, termasuk dimasukkan dalam saku celana, karena bentuknya yang ringkas, kompak. Biasanya, harddisk portabel datang disertai dengan software backup.

Tips Harddisk

Memang fungsi harddisk portabel awalnya adalah sebagai media untuk backup. Karena itu, harddisk portabel juga berfungsi sebagai pemulih (restorer) data dan file jika file ‘asli’ terkorupsi, karena virus misalnya.
  • Perlu Diperhatikan
Di pasar saat ini ada banyak sekali pilihan merek harddisk portabel, antara lain A-Data, Buffalo, Iomega, Imation, LaCie, Maxtor, Qnap, Samsung, Seagate, Toshiba, Transcend, dan Western Digital. Fisik harddisk portabel masa kini cantik, mungil, dengan kapasitas yang kian besar. Ada yang mengemaskan harddisk 1,8”, ada yang 2,5”, juga 3,5”. Tinggal pilih mana yang Kita butuhkan.

Kita tidak terlalu repot memikirkan apa saja yang harus dipertimbangkan saat membeli harddisk portabel, berikut kami berikan sedikit panduan. Perhatikan hal-hal di bawah ini saat berbelanja harddisk portabel.

Panduan Membeli Hardisk External

1. Kapasitas (kapasitas simpan file maksimal)
Kapasitas simpan harddisk portabel bervariasi, dimulai dari 40GB sampai 500GB. Namun kini juga sudah muncul harddisk portabel yang daya tampungnya mencapai 1,5TB (terabyte).

Jika Kita banyak bekerja dengan file video dan grafis, Tiara sarankan untuk memilih harddisk portabel dengan kapasitas terbesar Kita beli.

Selain ditujukan sebagai suplemen harddisk di komputer desktop, kebanyakan harddisk portabel kini justru membidik pasar pengguna notebook dan netbook (mini notebook). Harddisk portabel yang ditujukan pada notebook/mini notebook hadir dalam dua ukuran: 2,5” dan 1,8”.

Namun Kita juga tidak dilarang memilih yang berukuran 3,5”, kendati ini lazimnya ditujukan pada PC desktop. Tentu kenyamanan membawa-bawanya akan berbeda. Selain itu, harga harddisk portabel 1,8” pasti lebih mahal dibandingkan yang 2,5”, walaupun keduanya berkapasitas tepat sama.

2. Kecepatan putar drive
Kecepatan putar disk sebagian ditentukan oleh kecepatan laju data, dan dinyatakan dalam rpm (rotation per minute). Umumnya harddisk portabel berputar pada kecepatan 5400rpm.

3. Besar buffer atau cache
Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request) berikutnya dari sistem. Besarnya buffer berkisar dari 2MB – 16MB.

Semakin besar ukuran buffer, semakin banyak data yang bisa disimpan dan semakin cepat pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah harddisk portabel, akan semakin mahal pula harga harddisk portabel tersebut.

4. Fitur Recovery
Pilihlah harddisk portabel yang dilengkapi dengan fitur backup and recovery. Fitur ini berguna di saat file-file Kita mengalami kerusakan atau korupsi data akibat hilangnya asupan listrik secara tiba-tiba, atau pun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, Kita akan bisa memulihkan data yang hilang/rusak.

5. Merakit sendiri
Usahakan Untuk merakit sendiri Hardisk External, dengan membeli perangkat yang diperlukan, karena banyak Hardisk External yang sudah ada dalam casing externalnya, ternyata berisikan HDD yang kurang baik.

Semoga bisa membantu ya Kaka.

Related Posts

15 comments

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

@sakit maag
Sama-sama Kaka...

Alhamdulillah...tips yang menarik..keliahatannya suka beli embeli ini hehehe :p

@Akhsa Nant
Makasih Kaka.

tetap semangat yah...:)

@Akhsa Nant
Iya,, makasih kaka

Waaaaah tips yg sangat bermanfaat nih mba tiara,,,,,,,,

Makasih info nya,,,,,,,,

Nice share and happy blogging

@Falah Mulyana
Makasih Kaka Mulyana.

bermanfaat nihh kebetulan bulan depan mau beli, TQ buat postingannya.

wah kebetulan nih mba ane ada rencana beli harddisk external ane kan coba tips nya makasih mba dah share

sukses selalu tuk mba

kalo yang bekas gimana???

@Si 7og4nK
Sama-sama Kakak, mendingan ngerakit aja.

@Ardiansyah Guna
Sama-sama Kakak.

@Download Game PC Gratis
Kalau yang second harus dicek dulu dengan software Kakak.
Nama softwarenya yang bagus HDD bechmark. Salam

ow jadi gitu ya gan, :) makasih infonya

@yobbis
Sama-sama Kakak