Home , › Tips Mengatasi Batteray Laptop Tidak Mau Mengisi

Tips Mengatasi Batteray Laptop Tidak Mau Mengisi

Batteray Laptop Tidak Mengisi
Tips Mengatasi Batteray Laptop Tidak Mau Mengisi. batteray laptop tidak mau mengisi hal ini tentu sangat menjengkelkan karena lampu indikator atau simbol charger pada desktop menunjukkan charger berjalan normal tetapi pada kenyatannya Batteray laptop tidak mau mengisi alias Batteray tidak bisa charger.

Kondisi ini nampaknya sering terjadi pada hampir setiap merek laptop, tidak peduli laptop merek ternama atau laptop kelas dua, dan dapat Kami simpulkan bahwa ini adalah penyakit umum pada semua jenis laptop.

Dibawah ini ada beberapa Tips dari Tiara-PC yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah charge Batteray laptop.

Berikut Caranya :
  1. Kemungkinan besar masalah Anda berhubungan dengan Batteray. Ternyata batteray tidak bekerja dengan benar dan tidak memberi catu daya laptop ketika charger dicabut. Jika laptop Anda bekerja dengan baik ketika adaptor terpasang tetapi berhenti bekerja ketika dicabut berarti Batteray laptop Anda rusak atau laptop Anda tidak mengisi Batteray dengan benar.
  2. Pastikan power adaptor telah melakukan pengisian daya selama minimal dua jam sebelum mencoba untuk dicabut. 
  3. Buka dan pasang kembali Batteray, mungkin kedudukannya kurang tepat pada posisinya sehingga tidak bisa terisi 
  4. Boot ke sistem BIOS, dan lihat apakah ada yang aneh berkaitan dengan Batteray. Jangan mengubah sesuatu kecuali anda tahu pengaturan awalnya. Jika ternyata BIOS normal, biarkan windows jalan beberapa puluh menit, dan lihat apakah persentase charge tidak mau berubah sama sekali. 
  5. Jika presentase pengisian naik tapi kenyataanya langsung drop beberapa saat setelah power adaptor dilepas, berarti Batteray yang ada sudah bocor. 
  6. Gunakan Utility (System Tools) Batteray pihak ketiga untuk mendiagnosa keadaan Batteray. Sebagai contoh, BatteryCare adalah utilitas perangkat lunak bebas yang mampu melakukan hal ini. Silahkan googling dan lakukan tes. 
  7. Jika masih mengalami masalah yang sama bahkan dengan menggunakan Batteray baru, kemungkinan besar masalah ada di motherboard.
Rawatlah Batteray laptop anda dengan benar sehingga kita terhindar dari masalah-masalah seperti di atas.
Share this article :

13 comments

memberikan + di blog tiara dan mengucapkan banyak terima kasih ilmu nya nih buat laptop yang kagak mau ngisi,,,,

Falah Mulyana berkunjung di blog sobat dan sukses selalu sobat

nice share and happy blogging

@Falah Mulyana
Sama Kakak. Terima kasih atas kunjungannya.

wah pas banget saya ada laptop toshiba ga bisa ngisi baterainya sobat... padahala uda ganti baterai dan charge sobat

@Asis Sugianto
Silahkan di coba Kaka.

This comment has been removed by a blog administrator.

bagaimana untuk solusi bateri di hcarge tapi cepat habis?

Biasanya Batteray nya sudah rusak tuh...........

ass…notebook aku merk Hp mini….pada saat baru membeli baterynya tdk bsa terisi full saat di cas padahal sudah dicas berjam2 dan indikator lampu baterei berubah warna yang berarti casnya sudah full tapi pada saat dinyalakan ternyata hanya sekitar 20% yang terisi, akhirny saya membawanya ke service senter resmi HP dan sdh mengganti batery saya dengan yg baru tetapi ttep saja batery saya tdk bsa terisi full….akhirnya saya harus mencas batery saya dalam keadaan NB dinyalakan baru bisa full, sekarang sudah sekitar 8 bulan sejak pembelian masalah baru muncul, meski NB saya cas dalam keadaan hidup casnya tidak mau terisi. saya sangat bingung apa yang harus saya lakukan? saya sangat mengharapkan solusi dari anda…terimakasih….

Wa'alaikumsalam.
Mbak Asriana, dari awal sebenarnya sudah jelas kerusakan bukanlah pada Batteray nya.
Menilik dari keterangan Mbak Asriani kami mengambil kesimpulan kerusakan pada board HP mininya.

Sistem control untuk charger tidak berfungsi dengan baik.
Solusi : Service aja, dan katakan control untuk charger tidak berfungsi.

Semoga Manfaat.

gan,,,,bagaimana cara mengatasi laptop acer aspire one yang baterainya tidak bisa terisi saat dicharger......????

Harus dicek dulu Mbak Iswati, kerusakan di batteray atau di Mainboard nya?

Gan.....bagaimana cara mengatasi laptop acer d charge tetap 40 % idikator juga tidak berubah tp kalau chargenya dilepas laptop langsung mati??????????

sepertinya IC control charger rusak mas. itu adanya di motherboard laptop