Tips Mengatasi Temperatur Processor Laptop Panas

Processor Laptop Panas
Tentu kesal rasanya kalau tiba-tiba laptop yang kita pergunakan hang ataupun crash karena peningkatan suhu Processor yang terus meninggi. Kali ini Tiara-PC berbagi cara Tips Mengatasi Temperatur Processor Laptop Panas.

Pada dasarnya Temperatur Processor pada laptop bisa mengalami peningkatan karena beberapa faktor antara lain :
  1. Karena terjadi kerusakan pada kompunen dalam laptop tersebut, dan karena pembuangan udara tidak bisa lancar.
  2. Jika meningkatnya suhu processor karena masalah yang pertama kamu harus membawanya kepada pihak yang mengerti betul tentang perbaikan laptop. Tapi jika karena pembuangan udara yang tidak lancar pada laptop insyaAlloh bisa diatasi sendiri.
Pembuangan udara pada laptop tidak lancar bisa disebabkan karena banyaknya debu yang menempel, umunya pembuangan udara ini berada pada bagian samping kiri laptop, pembuangan udara dianggap normal jika terasa ada angin yang keluar dari pembuangan udara tersebut.

Cara termudah untuk membersihkan debu yang menempel adalah dengan meniupnya dari luar tapi laptop harus dalam kondisi mati ya. Yah kalau dekat dengan tukang tambal ban boleh menggunakan kompresor tapi usahakan dengan jarak yang cukup jauh. Jangan karena tiupan yang sangat kencang menimbulkan masalah baru.

Jika dirasa sudah hilang debunya, silahkan coba hidupkan laptop, kemudian rasakan apakah ada angin yang keluar dari pembuangan udara tersebut. Jika ada angin yang keluar, berati sudah berhasil membersihkan debu yang menempel pada bagian pembuangan udara tersebut.

Jika dengan cara gampang di atas belum bisa mengatasi panasnya laptop, kita bisa mencoba membongkar laptop untuk membersihkan bagian dalamnya dengan kuas.

Tapi jika tidak berani membongkar karena takut terjadi hal buruk pada laptop kamu, bisa meminta kepada orang yang sudah ahli membongkar laptop, misalnya kepada tukang service laptop.

Semoga Manfaat.

Related Posts