Tips Merawat Printer Agar tetap Awet

Merawat-Printer-Agar-tetap-Awet
Tips Merawat Printer Agar tetap Awet, Printer adalah salah satu dari perangkat keras yang biasanya selalu ada mendampingi Komputer.

Kini harga sebuah printer, khususnya printer inkjet relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga catridge tintanya sendiri, ada baiknya kita tetap merawat printer yang kita pakai agar tetap awet dan hasil cetakannya tetap terjaga kualitasnya.

Dibawah ini ada beberapa Tips Merawat Printer Agar tetap Awet (terutama jenis inkjet) berdasarkan pengalaman penulis yang mudah-mudahan bisa membatu para teman yang memiliki printer.

1. Gunakan Printer secara berkala.
Banyak pengguna printer terutama printer milik pribadi yang tidak mengetahui hal ini, Kami sendiri sering mendapat keluhan dari temen-temen yang mendapati hasil cetakan printer kurang bagus padahal printernya ga pernah dipergunakan.

Kita tidak menyadari kalau Printer yang lama tidak digunakan bisa mengakibatkan tidak lancarnya aliran tinta pada nozle sehingga kualitas cetakan kurang bagus.

Untuk menjaga printer tetap awet dengan kualitas cetakan yang bagus, gunakanlah printer untuk mencetak dokumen hitam dan berwarna 1-2 lembar secara periodik 2 - 3 kali seminggu. Apabila catridge tinta telah kosong segeralah ganti dengan yang baru.

2. Bersihkan Printer dari kotoran.
Menjaga kebersihan diluar dan di dalam Printer merupakan langkah yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga agar printer tetap awet. Kami pernah mendapati printer yang tidak bisa ngeprint dengan indikator paper jammed, setelah Kami cek ternyata terdapat sisa kertas yang mengganjal pada bagaian sensor kertas.

Terutama apabila printer yang kita gunakan adalah jenis dot matrik, dimana kertas yang digunakana merupakan jenis continuous yang meninggalkan sisa-sisa kertas ketika selesai nge-print. Klo ada gunakanlah vacum cleaner kecil untuk menarik debu dan kotoran dari dalam printer.

3. Hati-hati Mengganti Catridge Tinta.
Kehati-hatian adalah hal yang utama, tak terkecuali dalam merawat printer. Salah satunya adalah ketika kita hendak mengganti catridge printer dengan yang baru.

Maklum saja dalam catridge ini terdapat titik-titik conduktor penghubung aliran listrik. Biasanya setelah dibuka cover bagian atas, catridge akan bergerak dan diam ditengah. Dalam kondisi tersebut kita bisa mengganti catridge dengan yang baru. Pastikan posisinya sudah terpasang dengan benar dan baru cover ditutup kembali.

4. Gunakan Diagnostic Tools.
Apabila terdapat masalah pada hasil cetakan printer, gunakanlah tool diagnostic yang biasanya terdapat dalam menu maintenance printer. Jalankanlah perintah seperti cleaning nozzle, print head alignment, roller cleaning dll sebagai salah satu cara untuk me-maintenace dan merawat printer.

5. Saat terjadi Paper Jammed
Kondisi paper jammed (kertas macet), merupakan hal yang bisa merusak mekanik printer.

Apabila terjadi Paper Jammed lakukan hal sebagai berikut:
  • Matikan Printer dengan mencabut kabel power.
  • Tarik kertas yang macet secara hati-hati, kalau hendak mencabut kertas tariklah kertas searah dengan arah keluar kertas, misalnya untuk tipe Canon 1600 dimana kertas dimasukkan dari bagian atas, maka tariklah kertas ke bagian bawah.

Penting :
  • Jangan matikan printer dengan mencabut kabel power kalau tidak terpaksa. Matikanlah printer dengan menekan tombol OFF yang ada pada printer.
  • Untuk mencegah paper jammed gunakanlah kertas yang baik (tidak lusuh/lecek)

6. Gunakanlah Tinta yang Asli
Harga catride yang asli memang lebih mahal apabila dibandingkan dengan kemasan refill tetapi apabila printer yang anda gunakan juga tidaklah murah, dan kualitas cetakan merupakan hal yang utama maka lebih baik gunakan selalu tinta original.

7. Bersihkan Tempat Pembuangan Limbah Tinta.
Untuk printer yang sering digunakan, sesekali periksalah kodisi tempat penampungan limbah (waste ink tank) yang terdapat didalam printer. Jagalah jangan sampai luber dan mengotori printer Anda.

Related Posts

11 comments

Terima kasih banyak untuk tips merawat printer ini sobat...

mantab nih, bagi tips2 service printer juga donk.. hehe #printer ane rusak!! :D

Benar benar bermanfaat bro tipsxz.....

@Asis Sugianto
Sama-sama Kakak.

Jenis dan Type printernya apa Kakak biar di share sama Tiara. Makasih

Sama-sama Kakak.

Epson Stylus T13x.. kalo buat ngeprint foto suka mucul garis2..

thanks :D

intinya harus sering di gaunakan ya biar awet.. makasih informasinya nie, aku mau ngeprin artikel ini dulu ah buat kenang kenangan. haha.

wah yang beli tinta asli tu, jarang ada yang mau rugi. hahaha. beli yang bisa aja dah.

Biar lancar tintanya Kakak.

Kalau tidak dapat yang Ori paling tidak jangan ketukar tinta untuk HP dengan canon Kakak, karena kekentalan tintanya berbeda.