Tips Merawat Printer Yang Menggunakan Infus

Merawat-Printer-Menggunakan-Infus-Tiara-PC
Tiara-PC, Share Tips Merawat Printer Yang Menggunakan Infus. Hampir rata Jenis Printer InkJet sekarang ini menggunakan infusan untuk memudahkan pengguna nya dalam hal pengisiian tinta.

Namun untuk penggunaan Printer Yang Menggunakan Infus memerlukan suatu perawatan khusus disamping Merawat Printer Agar tetap Awet untuk semua kategori printer.


Tips Merawat Printer Yang Menggunakan Infus :

1. Printer dan posisi tabung infus harus sejajar. Saat penggunaan printer, jangan menaruh botol di bawah atau di atas printer. Keduanya harus berada dalam posisi sejajar.

2. Bila kualitas cetak tidak memuaskan, coba lakukan print nozzle check. Perhatikan apakah tintanya dapat keluar semua atau tidak. Coba lakukan cleaning satu atau dua kali. Bila ada tinta yang tidak muncul maka kemungkinan besar ada penyumbatan pada celah head printer Kita.

Cara mengatasinya yaitu:
    • Ikat dahulu selangnya atau dijepit dengan menggunakan penjepit kertas agar tinta tidak meluber. 
    • Lepaskan selang dan elbownya dari cartridge printer. 
    • Ambil selembar tissue dan coba tempelkan pada head beberapa kali sampai tintanya muncul ditissue. 
    • Bila tinta tetap tidak muncul-muncul coba ambil suntikan dan hembuskan udara dengan suntikan tersebut melalui lubang cartridge secara perlahan sampai tintanya keluar. 
    • Bila tinta dapat keluar dengan lancar, tetapi tidak muncul saat mencetak, maka pemompa tinta didalam cartridge yang bermasalah. Dalam hal ini cartridge harus diganti baru, karena tidak dapat diperbaiki. Hal ini disebabkan karena desain cartridge yang dikunci mati dengan head printer. Bila dibuka maka saat menutupnya kembali akan ada celah yang mengakibatkan udara masuk sehingga tabung infus tidak akan bekerja dengan normal. 
    • Bila Kita telah selesai melakukan servis infus Kita, pasang kembali selangnya dengan benar, jangan sampai selangnya tersangkut ketika printer akan digunakan

3. Bila Kita baru pertama kali menggunakan tinta infus, maka suatu saat akan muncul suatu pesan error yang mengakibatkan Kita tidak bisa mencetak. Hal ini adalah normal, karena cartridge didesain oleh pabriknya memiliki umur cetak.

Solusinya adalah tekan dan tahan tombol resume pada printer Kita selama lima detik. Maka printer akan kembali dapat mencetak seperti biasa. Maksud dari menekan tombol resume, adalah mengabaikan pesan error tinta habis.

4. Jangan kaget bila Kita mendapati bahwa status tinta di komputer Kita menjadi kosong setelah mencetak sekian lama, padahal tinta infus Kita masih banyak. Hal ini disebabkan karena sistem monitoring tinta pada cartridge adalah berbasiskan counter kertas yang diprint. Bukan berbasiskan monitoring banyaknya isi tinta cartridge. Jadi biarkan saja status tinta Kita kosong adanya, toh Kita tetap bisa mencetak.

5. Jangan lakukan cleaning terlalu sering, karena akan mengakibatkan penuhnya penampungan tinta buangan pada printer. Hal ini biasanya ditKitai dengan adanya error Absorber Full. Bila absorber printer Kita full, maka Kita harus mengganti absorber printer Kita dengan yang baru atau mengeringkan tinta buangannya secara manual, dengan membongkar printer Kita.

6. Selalu tutup kembali infus Kita setelah selesai menggunakan printer. Hal ini bertujuan agar tinta tidak mengalir secara perlahan kedalam cartridge

7. Jika ada udara dalam selang, lakukan head cleaning. Biarkan tinta mengalir hingga udara dalam selang habis.

8. Jika tinta tidak mengalir, berarti head catridge tersumbat. Coba dibersihkan atau ganti catridge yang baru.

9. Sering-seringlah perhatikan tinta dalam botol pembuangan yang terletak di belakang printer. Kosongkan jika sudah setengah penuh. Tinta pembuangan jangan dipakai lagi.

Walaupun warnanya hitam, tetapi tinta tersebut sudah bercampur dengan seluruh warna. Jika dipakai ulang, warna hitamnya tidak maksimal. (Jika printer Kita belum punya saluran pembuangan, segera minta teknisi tinta infus untuk menambahkannya.)

10. Terakhir dan yang terpenting: Gunakan printer setiap hari. Jika tidak ada yang ingin dicetak, cukup lakukan head cleaning 1x.

Related Posts

21 comments

wah ini penting nie sist, gampang gampang susah emang merawat kaya gini. perlu sekali, tapi sayang. ane ud lupa, padahal dulu sering ngotak ngatik printer kaya gituan. ane simpen dulu supaya bisa di praktekan lain kali. tenkyu n

thx infox ya sob.., kebetulan aq pake epson stylus T13 yg infus.. :)

@cerita anak kost
Iya kakak semoga ada manfaatnya

T13 Epson terbilang unik tuh Kakak

iya kalau printer dibiarkan nganggur lama dikhawatirkan menjadi buntu...sy saja secara berkala (mengira-ngira) minimal 1 minggu -2 minggu sekali lakukan tes print atau clean... itu kalau ga ada job untuk ngeprint...

@Arya Devi
Benar sekali itu Kakak caranya

cabut kabel power printer dari sumber listrik...

terimakasih infonya tiara....

kunjungan pagi hr, terima kasih ya link sy sdh dipasang... :)

@Cendekiawan IT
Maksudnya Kakak?

@Mami Zidane
Sama-sama Mami

@Lentera Langit
Tiara mengucapkan Makasih Juga Kakak

terima kasih tipsnya kak sangat bermanfaat

Sama-sama Mbak Desy

Lagi nggak punya printer nih hehehehe

@Ilham Bachtiar
Berbagi aja Kakak

makasih gan, soalnya printer infusku sering rusak, semoga dengan tips di atas jadi bisa diminimalisir :)

@yobbis
Mudah-mudahan manfaaat Kakak

klo kita mau print katup kecil di buka nah klo udah selesai print haruskah katup kecil di tutup kembali

@baru netz
Baiknya seperti itu, agar supaya tinta tidak mengalir terus yang berakibat banjir.

owhh gtu,,mkasih ya tas infox :)