Cara Menjadikan Wi-Fi Laptop Sebagai Hotspot

Wi-Fi-Hotspot
Cara Menjadikan Wi-Fi Laptop Sebagai Hotspot. Menjadkan Wi-Fi Laptop sebagai Hotspot bisa dilakukan dan hemat biaya, karena kita cukup memanfaatkan Wi-Fi yang ada didalam laptop tanpa harus beli baru dan nggak perlu cari software apapun.

Wi-Fi disini menggunakan koneksi Ad-Hoc dan menggunakan system kinerja Windows XP. Bagaimana teman kita coba ya caranya.

  1. Klik Start kemudian Control Panel klik Network Connections
  2. Setelah terbuka klik kanan Wireless Network Connection pilih Properties 
  3. Setelah terbuka pilih tab Wireless Networks yang ada ditengah, kemudian pilih Add 
  4. Pada jendela baru isi Network name (SSID) dengan nama apa saja, misalnya 'gratis nih' atau 'internet gratis' ini nantinya yang jadi nama Wi-Fi kita
  5. Kemudian hilangin centang The key is provided or me automatically biar bisa bikin password (network key) jadi nggak sembarang orang pake koneksi kita.
  6. Kemudian isi network key dengan 13 karakter (bisa huruf atau angka, tapi dingat ya) begitu juga dengan confirm network key harus sama. 
  7. Jangan lupa centang This is a computer to computer (ad hoc) network: wireless access points are not used. Lalu klik Ok. 
  8. Kembali ke jendela Wireless Network (N0:2) klik tab Advanced dan centang atau check list Allow other network users to connect throught this computer’s Internet connection. Lalu klik OK
  9. Selesai sudah Wi-Fi hotspot kita sudah jadi.
Sekarang kita sambungkan ke komputer atau laptop yang ada Wi-Fi nya, berikut caranya:
  1. Klik kanan wireless network connection (letaknya di taskbar sebelah kanan, gambar komputer di silang) pilih View Available Wireless Network 
  2. Terbuka jendela Wireless Network Connection, pilih sesuai nama hotspot yang di buat tadi ('gratis nih' atau 'internet gratis') kalo nggak ada coba klik Refresh network list terletak di sisi kiri atas, trus klik connect dan masukin network key lalu klik connect dan laptop kita sudah menjadi hotspot Wi-Fi.
Demikianlah cara membuat laptop menjadi hotspot Wi-Fi. Untuk dapat menyambungkan ke internet kita pilih pada koneksi yang sedang di gunakan misalnya lagi pake modem gsm:
  1. Klik start 
  2. Pilih connect to nanti akan terbuka network connection, sobat klik kanan pada dial-up yang sedang digunakan 
  3. Setelah terbuka pilih properties, terbuka jendela baru, klik Advanced tab paling kanan dan centang pada Allow other network users to connect throught this computers Internet connection.
  4. Jangan lupa pilih Wireless Network Connection pada Home networking connections.
Selesai sudah semua. Selamat berbagi koneksi dengan saudara, tetangga serta para sahabat yang dekat dengan kita.

Related Posts

12 comments

bingung deh, pake note book bisa gak, modemnya yg hsdpa?

Sama aja Teman.

This comment has been removed by a blog administrator.

@ahmad zaki
Waduh sikakak suka nyampah ya....

Anonymous delete 12:04 PM

Kalau internetnya dari LAN kantor misalkan, bisa di sharing untuk HP dan tablet? Jadi tujuan saya, karena di kantor tidak ada wifi, saya mau numpang ineternet di kantor yg sudah connect ke laptop saya via LAN :)

Thanks

Anonymous delete 12:05 PM

Kalau kita share nya bukan dari internet modem, tapi dari LAN kantor, bisa apa tidak?
Tujuan saya ingin share internet office saya yg connect via LAN ke laptop saya, supaya HP saya bisa connect dan share speed internet dengan laptop saya :)

Thanks

Klo untuk windows 7 gimana caranya bro ?

Bisa Pak Hadi, dicoba aja

klo wireless connection nya gak ada?

Setting di share Internetnya aja Kakak