Pengertian Domain Name System (DNS)

Pengertian Domain Name System (DNS). Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Domain Name System (DNS)

DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:
  • Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
  • Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah. 
  • Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.
manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel.

Analogi umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet. Contohnya (http://www.google.com) menjadi IP address (http://74.125.93.105). Bagaimana, kita tentu lebih mudah mengingat nama domain suatu situs dibandingkan IP address-nya bukan?

Itulah Sekilas Pengertian Domain Name System (DNS) dan kegunaannya. Semoga Manfaat.

Related Posts