Penyebab Blue Screen of Death (BSOD) Windows dan Cara Mengatasinya

Blue-Screen-of-Death-BSOD
Semua pengguna Operating System Windows di komputer maupun laptop sudah pernah mendengar, bahkan mungkin sudah pernah terkena dengan yang namanya Blue Screen of Death (BSOD).

Pada dasarnya Blue Screen of Death (BSOD) ini terjadi karena terjadinya Bug pada software atau hardware crash atau istilahnya terjadi kesalahan fatal sehingga membuat sistem harus restart. (simak artikel : Pemahaman Dasar BUG Pada System Komputer)

Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows :

1. System Restore, Jika Blue Screen baru terjadi pada komputer, sebaiknya menggunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat komputer kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.

2. Scan Malware, Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.

3. Update Driver, Sebuah driver yang salah install dapat menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputerbersangkutan.

4. Boot ke Safe Mode, Jika komputer mengalami Blue Screen of Death (BSOD) ketika dinyalakan, coba masuk ke Safe Mode. Pada Safe Mode, Windows hanya mengambil driver-driver yang penting. Jika salah install driver yang menyebabkan BSOD, dengan Safe Mode kita dapat menguninstal penyebabnya.

5. Masalah Hardware, Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari komputer, cek Memory, HDD maupun Motherboardnya, atau terjadi panas yang berlebihan.

6. Install Ulang Windows, Pilihan terakhir menginstall ulang komputer. Dengan cara ini sistem jadi baru semua, namun jika tetap mengalami Blue Screen of Death (BSOD) berarti permasalahannya ada pada hardware.

Kalau ada masalah lainnya bisa menanyakan langsung ke Tiara-PC, dan kalau tidak bisa ditangani sendiri kami siap mengatasinya di Workshop kami.

Related Posts

13 comments

PC saya pernah kena Blue screen gan penyebanya masalah hardware.

iya bener sebelumnya saya sering ngalamin seperti ini,, terpaksa install ulang deh :(

Alhamdulillah belum mengalami , dan semoga bermanfaat infonya

Banyak kasus ada pada Hardware Kakak

Normal lagi dah

blue screen memang bisa menyerang computer kpn saja
:)

Alhamdulillah saya belum pernah mengalami, manfaat sekali infonya :)

saya sering banget mengalami bs, langsung saya service deh :)

Benar sekali kakak

Terimakasih kakak

service sendiri ya?

Saya juga pernah mengalaminya sebaiknya sistem dibackup kalau ga kan malah diinstall ulang hehe