Intel Xeon Phi, Prosesor Super Dengan 50 Core

Intel-Xeon-Phi
Tiara-PC, Intel Xeon Phi, Prosesor Super Dengan 50 Core. Intel mengumumkan nama sebuah tipe prosesor bar, Xeon Phi, pada Senin (18/6/2012) lalu di International Supercomputing Conference, Jerman.

Chip yang ditujukan untuk High Performance Computing (HPC), Workstation, dan Data Center ini menggabungkan lebih dari 50 "otak" inti / core dalam satu kemasan Prosesor.

Prosesor ini bemula dari proyek "Larabee" dari Intel yang sedianya akan dipakai di konsol game next-gen, seperti PlayStation 4 tetapi dibatalkan pada 2009. Intel kemudian  mengalihkan proyek tersebut untuk pengembangan prosesor yang  ditujukan bagi segmen pasar superkomputer.

Xeon Phi dimaksudkan untuk menghadapi saingan dari vendor chip pemroses Grafis NVidia dan AMD yang produk-produknya semakin sering digunakan di superkomputer.
Intel-Xeon-Phi_1

Menurut Intel, dibanding dengan chip pengolah grafis (GPU) dari AMD atau NVIDIA yang digunakan untuk pemrosesan paralel, Xeon Phi yang disebut sebagai "coprocessor" ini bisa lebih mudah diprogram untuk keperluan tersebut karena memakai arsitektur x86.

Intel Xeon Phi didesain untuk dipasangkan sebagai pendamping untuk prosesor Xeon lainnya yang bekerja sebagai prosesor utama. Bentuknya pun digambarkan tidak berupa prosesor untuk ditancapkan ke socket Motherboard, melainkan expansion card dengan Interface PCI-Express.

Xeon Phi menggunakan teknologi fabrikasi 22nm dan 3-D tri-gate transistors yang sama  dengan prosesor Core-i Generasi Ketiga Ivy Bridge. Prosesor ini akan didampingi dengan RAM GDDR5 setidaknya sebesar 8 GB.

Prosesor super ini bakal membuat debut perdana lewat Stampede, sebuah cluster HPC Linux dengan daya komputasi sebesar 10 petaflop yang akan mulai beroperasi pada awal 2013.

Stampede adalah proyek kerjasama Texas Advanced Computing Center (TACC) dengan University of Texas yang menggunakan prosesor Xeon E5 dan Xeon Phi.

Intel mengatakan bahwa 44 perusahaan sudah terdaftar sebagai calon pengguna Xeon Phi, termasuk Bull, Cray, Dell, HP, IBM, Inspur, SGI, dan NEC.

Peter Ungaro, chief executive pabrikan superkomputer Cray, mengatakan bahwa perusahaannya sedang merancang superkomputer yang memakai prosesor baru dari Intel ini. Menurutnya, Cray sudah memiliki beberapa pelanggan untuk produk baru tersebut.

Related Posts