Tips Cara Merawat Kamera Digital

Merawat-digital-camera
Tiara-PC, Tips Cara Merawat Kamera Digital. Memang benar saat ini Kamera Digital sudah umum dijumpai di setiap keluarga, semua itu dikarenakan semakin terjangkau harganya serta semakin banyak variasi dan merk serta fitur-fitur menarik lainnya.

Layaknya alat-alat elektronik lainnya seperti komputer ataupun Laptop, kamera digital pun harus dirawat serta dijaga agar dapat berfungsi dengan baik pada saat kita butuhkan.

Awet atau tidaknya kamera digital kita itu semua tergantung dari bagaimana cara merawat serta menggunakannya.

Berikut ini adalah Tips Cara Merawat Kamera Digital:

1. Hindari kamera dari goncangan berlebihan.
Caranya, antara lain dengan meletakkan kamera di dalam tas khusus dengan pelindung busa di bagian sekelilingnya. Biasanya, tas tersebut juga memiliki sekat-sekat yang bisa dicopot.

Hal ini perlu untuk menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan. Agar kamera tidak lembab, ada baiknya kita meletakkan silica gel pada bagian dalam tas kamera.

2.Hindari kontak langsung dengan sinar matahari.
Jagalah kamera digital jangan sampai terjemur atau terkena sinar matahari secara langsung dan berlebihan. Sebab panas yang tinggi dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastic dan karet serta komponen elektronik yang lainnya.

3.Bersihkan kamera dan lensa.
Sebaiknya kamera dibersihkan seminggu sekali atau secara teratur dan berkala. Untuk bagian fisik kamera gunakan lap kering yang bersih dan tidak kasar. Sedangkan bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual ditoko kamera.

4.Hindari goresan pada lensa.
Untuk menghindari goresan, sebaiknya lensa mempunyai filter ulir yang terpasang permanentdibagian depannya. Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (ultraviolet) atau filter skylight.

Sedangkan untuk menghindari goresan dibagian belakang lensa usahakan selalu memasang bodycup penutup saat lensa dilepas dari badan kamera.

5.Hindari Kamera dari Cipratan Air Laut.
Saat melakukan pemotretan di daerah pantai, hindari kemungkinan kamera dari cipratan air laut atau bahkan sampai tercebur di dalamnya karena air laut bisa menyebabkan karat yang potensial terhadap kamera.

Bersihkan kamera sesegera mugkin setelah pemakaian di daerah pantai karena lazimnya uap air laut seringkali meninggalkan butir-butir garam yang menyebabkan karat pada kamera.

6.Jangan terlampau sering membersihkan lensa atau membersihkan bagian dalamnya bila berjamur. Karena kaca lensa begitu peka. Sebab semakin sering juga dibersihkan dapat mengakibatkan mutu gambar kurang baik.

7.Jangan menyimpannya didalam lemari pakaian. Karena hal itu dapat mengundang jamur yang menempel pada lensa bagian dalam kamera.

8.Hindari Kapur Barus.
Jangan sekali-kali menyimpan kamera di dalam lemari pakaian atau lemari apapun yang telah diisi kapur barus atau kamper pengharum pakaian. Sebab kapur barus merupakan perusak yang paling ampuh terhadap kamera, yang dapat menyeka-nyeka kamera dan bagian kamera yang lain yang berbahan dasar karet.

Pada kamera elektronik kapur barus dapat merusak jalur pada PCB (Printed Circuit board) yaitu tempat chip-chip kamera terpasang dan beberapa elemen chip itu sendiri. Bahkan uap kapur barus itu juga dapat menodai dan membuat lensa rusak.

Demikian Artikel Tips Cara Merawat Kamera Digital. Semoga bermanfaat.

Related Posts