Pemahaman Crash Pada Komputer

Pemahaman Crash Pada Komputer. Crash pada komputer adalah satu keadaan di mana sebuah komputer atau program, baik aplikasi atau bagian dari suatu sistem operasi berhenti berfungsi, umumnya akan menutup atau keluar setelah menghadapi kesalahan.

Pengertian-Crash-Komputer

Biasanya program yang salah muncul hang sampai layanan crash menampilkan detail dari crash tersebut. Jika program yang crash adalah bagian penting dari kernel sistem operasi, maka seluruh komputer dapat mengalami crash. Ini berbeda dari hang dimana aplikasi atau sistem operasi terus berjalan namun tanpa ada respon yang jelas dari input.

Banyak Crash adalah hasil dari eksekusi instruksi mesin tunggal, tetapi ini akan menyebabkan berlipat ganda. Penyebab biasanya adalah ketika program counter diatur ke alamat yang salah atau buffer overflow menimpa sebagian kode program karena bug sebelumnya.

Dalam kedua kasus, ini cukup umum bagi prosesor mencoba untuk mengeksekusi data atau nilai memori acak. Karena semua nilai data adalah mungkin tetapi hanya beberapa nilai instruksi valid, ini sering mengakibatkan pengecualian instruksi ilegal.

Secara kebetulan data atau nilai acak bisa berlaku (meskipun tidak direncanakan) instruksi. Orang mungkin mengatakan bahwa bug asli program “menyebabkan” crash (kecelakaan) itu, tapi kesalahan yang sebenarnya adalah instruksi ilegal beberapa waktu kemudian.

Seni debug crash tersebut adalah menghubungkan penyebab sebenarnya dari kecelakaan itu (mudah ditentukan) dengan kode yang memicu rantai kejadian. Hal ini sering sangat jauh dari jelas-bug asli biasanya kode yang valid sempurna dari perspektif prosesor.

Pada komputer pribadi, terjadinya crash di atas kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan hardware karena mencoba untuk menulis ke alamat perangkat keras di luar memori utama sistem.

Kadang-kadang, eksekusi yang sewenang-wenang pada data sistem akan mengakibatkan pecahnya tampilan layar. Hal ini dapat dianggap sebagai sistem crash parah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian crash komputer, semoga bisa dipahami.

Related Posts