USB Thunderbolt 3 Kecepatan 40 Gbps

Intel meluncurkan Thunderbolt 3 yang sebelumnya Thunderbolt 2 Alpine Ridge dalam USB tipe C. Thunderbolt 3 merupakan generasi terbaru teknologi USB dikeluarkan oleh perusahaan Intel dengan konektor USB tipe C

USB_Thunderbolt_3

Teknologi Thunderbolt 3 ini bisa mentransfer data hingga 40 Gbps. Teknologi USB Thunderbolt 3 dua kali lebih cepat daripada Thunderbolt 2 dan 4 kali lebih cepat dari USB 3.1, dan 8 kali lebih cepat daripada USB 3.0. USB tipe C ini sangat cocok untuk mentransfer file-file yang sangat besar.

Thunderbolt 3 ini dapat mentransfer film 4K hanya dalam waktu 30 detik, dan satu slot Thunderbolt ini bisa digunakan untuk televisi, printer, audio, mic secara bersamaan tanpa ngadat. Thunderbolt 3 ini juga dapat menghubungkan 1 CPU dengan dua layar 4K sekaligus. 

Teknologi_USB_Thunderbolt_3_40_Gbps

Thunderbolt 3 hadir dua versi, versi pertama mendukung kecepatan 20 Gbps dan support untuk USB 3.1, DisplayPort 1.2. Untuk versi kedua menggunakan kabel tembaga yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 40 Gbps menggunakan slot USB tipe C. USB tipe C memiliki kelebihan dari USB lainnya diantaranya desain lebih kecil namun performa lebih tangguh.

Intel juga mengklaim bahwa mereka juga sedang mengembangkan Thunderbolt dengan kecepatan 40 Gbps yang menggunakan perantara kabel fiber optik, dan diharapkan teknologi Thunderbolt dengan fiber optik ini dapat diluncurkan pada tahun 2016 nanti (Thunderbolt,Intel).

Related Posts

2 comments

semakin canggih aja teknologi masa mendatang, bisa lebih cepat mengirim file, lebih mempersingkat waktu

Teknologi semakin maju Kakak