Home › Kelebihan dan Kekurangan Solid State Drive (SSD) Dengan Harddisk

Kelebihan dan Kekurangan Solid State Drive (SSD) Dengan Harddisk

SSD-311-seriesKelebihan dan Kekurangan Solid State Drive (SSD) Dengan Harddisk. Pada artikel terdahulu kita sudah Mengenal Teknologi SSD (Solid State Drive) Pengganti Hardisk, untuk kelanjutannya kita akan membahas apa Kelebihan dan Kekurangan Solid State Drive (SSD) Dengan Harddisk.

Apa saja kelebihan dan kekurangan Solid State Drive dibandingkan harddisk itu, Berikut kelebihan dan kekurangan SSD dibanding harddisk yang dikutip dari wikipedia.

Kelebihan Solid State Drive (SSD)
    • Waktu akses cepat dan latency rendah, hal ini akan membuat performa SSD sangat cepat ketika melakukan pencarian data. 
    • Tidak mengeluarkan suara saat bekerja, hal ini karena SSD tidak memiliki komponen mekanik (bergerak) saat bekerja. 
    • Konsumsi daya lebih kecil dibanding harddisk konvensional. 
    • Lebih tahan terhadap guncangan, getaran dan perubahan temperatur. 
    • SSD memiliki bobot lebih ringan serta bentuk yang lebih tipis, sehingga cocok digunakan di laptop tipis seperti ultrabook.
Perbedaan-SSD-dan-Hardisk_1

    Kekurangan Solid State Drive (SSD)
      • SSD berbasis flash yang memiliki umur siklus read/write sehingga diperkirakan umurnya akan lebih pendek dibanding harddisk. 
      • Harga lebih mahal dibanding harddisk pada kapasitas yang sama. SSD 500GB saat ini dikisaran $500 atau sekitar Rp. 5 Jutaan, padahal dengan uang Rp. 3 jutaan saja dapat harddisk dengan kapasitas 5x lipatnya, 3TB. 
      • Adapula yang menggabungkan SSD dengan hardisk yang disebut sebagai harddisk hibrida yang berupa hardisk yang dilengkapi SSD untuk meningkatkan kecepatan akses dan transfer data.
    Saat ini ada berbagai macam merk SSD yang dijual dipasaran seperti Kingston, Adata, Corsair, OCZ, Samsung dan banyak lagi. SSD yang dijual dipasaran mulai dari kapasitas 32GB hingga 512GB.
    Share this article :

    4 comments

    pgen saya pake SSD, tp itudah. harganya mahal bnget...

    Disamping Harga, sepertinya daya tahan masih juga kendala Kakak.

    kalau untuk ketahanan spertinya lumayan tahan, yang SSD keluaran Intel saja digaransi selama 3 tahun, otomatis kalau umurnya diatas 3 tahunan..ya termasuk lama menurut saya. dan lagi irit konsumsi listriknya

    @kukar
    Barang baru biasanya masih uji coba.