Tips Membeli Kartu Grafis / VGA Card

Tips Membeli Kartu Grafis / VGA Card. Pada artikel sebelumnya kami sudah pernah posting artikel Pengertian Kartu Grafis Atau VGA. Kali ini Tiara-PC share artikel Tips Membeli Kartu Grafis / VGA Card ini supaya kita jangan salah dalam memilih Kartu Grafis atau VGA Card.

Kartu-Grafis-zotac-580-AMP2


Memilih Kartu Grafis atau VGA Card ada beberapa syarat yang perlu kita perhatikan sebelum membelinya. 

Berikut Tips Panduan Membeli Kartu Grafis / VGA Card:

1. Jangan Tergiur Dengan Besarnya Memori
Contoh : Membeli sebuah VGA card type Radeon X1300 dengan kemampuan memory sebesar 512Mb tidaklah sehebat kalau dibandingkan dengan Radeon type X1600 dengan memory 256Mb. Mengapa? Karena yang menentukan kekuatan VGA Card adalah fitur penunjang GPU.


2. Graphics Processing Unit (GPU)
Masing2 produk Kartu Grafis
/ VGA Card terbagi menjadi 3 katagori yaitu VGA low-end, mid end, high end. Sebagai perbandingan harga untuk VGA” jenis low-end bisa dibeli dengan harga di bawah 1 jt mid-end antara 1-2 jt, untuk high-end dr 2 jt s/d 8jt.

Type High-End class jelas yang terbaik namun cukup tinggi dari segi harga, selain itu variannya juga banyak misal GT, GS, GTX, XT, dan yang tertinggi adalah XTX, yang membedakan varian tersebut bisanya dari level shader, clock speed dan jumlah pipeline yang dimiliki.


3. Clock Speed VS Pipeline
Sudah tidak jamannya lagi melihat VGA hanya dari Clock ratenya. Yang harus di perhatikan ialah jumlah pipeline yang ada di dalam setiap kartu grafis. Manfaatnya melihat pipeline baru terasa kalau kita membeli VGA clas menengah & ke atas. 


Biasanya kartu grafis kelas menengah telah ditanamkan dengan 8 - 12 pipelines. Buat yang kelas diatasnya biasanya tertanam rata” 16 pipelines. Clock speed yang tinggi jelas jadi nilai plus tapi kalau para gamer mau meluangkan waktu sebelum membeli & membandingkan antara clock speed & pipeline, kita akan lebih beruntung. ”Lebih baik memiliki 8 pipeline dengan clock speed rendah, daripada 4 pipelines dengan clock speed lebih besar."


4. Tunggu waktu yang tepat
NVidia & ATI seteru yang tidak akan pernah berhenti bersaing. Keuntungannya hampir setiap 12-18 bln 1x kita akan menemukan kartu grafis dengan Chip” terbaru. Setiap merilis produk, vendor kartu grafis akan menyertakan beragam feature baru seperti high definition video dan peningkatan clockspeed. Pastikan dengan benar” agar yakin dengan kartu grafis yang kita beli.


Jangan sampai menyesal, karena uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Jika tidak terlalu mementingkan produk baru cari saja
Kartu Grafis tipe lama dengan kerja yang maksimal. Biasanya harganya cukup miring, apalagi dibarengi dengan dirilisnya VGA model baru, kartu grafis lama pasti turun harganya.

5. Jangan Terlampau Mahal
GeForce 7900 GT adalah kartu grafis kelas hight-end dengan harga 2-3 jt. Kartu grafis paling baru yang bisa kita cari ditoko harganya pasti di atas 5Jt. kalau gamer cari performance degan harga 2-3Jt, Kita bisa mendapatkan kartu grafis berkualitas.


Sayangkan uang 5Jt kalau cuma dipakai untuk VGA saja. Kita bisa bandingkan harga VGA tipe lama & baru. Jika memang selisih harganya tidak terlalu jauh pilih yang baru saja. Tapi jika terlampau jauh mengapa tidak pilih yang murah saja?


6. Perhatikan Power Supply

Power Supply adalah salah satu faktor yang paling penting dari perangkat komputer (Tips Memilih Power Supply). Dulu memang Power Supply adalah pilihan no 3 ketika kita beli PC. Tapi sekarang lain, karena ramainya hardware baru yang memerlukan daya besar. 

Untuk kartu grafis kelas low-end biasanya dibekali power supply 300-350watt. Tapi VGA clas mid & high minimal memerlukan 400-450 watt. VGA card tipe ATI Radeon Crossfire X1900XTX malah butuh power supply minimal 600 watt.


7. Pilih AGP atau PCI Express ?
PCI Express adalah pilihan yang terbaik. PCI-E telah menggantikan posisi AGP sebagai slot VGA yang telah cukup lama bertahan.


8. SLI dan Crossfire
Khusus yang punya budget lebih bisa dapatkan 1 VGA card dgn 4 GPU sekaligus dengan membeli GeForce 7950 GX2 kartu grafis dual card memang berat dari segi harga, tapi puas dari segi kualitas. Pelajari
komponen yang ada di motherboard agar sesuai.

Dengan kartu grafis dual card yang ingin dibeli pilihannya ada 2 yaitu SLI dari Nvidia atau Crossfire dari ATI. Kedua vendor kartu grafis itu biasanya telah menyertakan merk motherboard yang sesuai dgn kartu grafis yang mereka rilis.


9. Budget Pas-pasan Pergunakan VGA onboard.
Terbatasnya budget kadang tidak ada pilihan lain. VGA onboard yang punya kemampuan terbatas terpaksa jadi plihan. Untuk mengerjakan aplikasi Word dan grafis sederhana memang cukup. 


Tapi untuk main game kelas menengah atas jangan harap bisa nyaman. Intinya gamer harus beli VGA Add ON baru dengan spesifikasi baik. Tapi tenang aja teman-teman sekarang sudah banyak penyedia Motherboard yang Onboardnya cukup handal dalam melahap game's.

Related Posts